Cara Membuat Animasi 3D Flash Bergerak (3 Dimensi)

Cara membuat animasi 3d flash bergerak+ bisa dibilang sederhana pengerjaannya bisa juga sulit tergantung pemahaman kita tentang dasar-dasar penggunaan pada softwarenya. Nah, kali ini kita akan berbagi soal cara penggunaan software animasi 3D dari Blender. Ya, blender merupakan salah satu software pembuat animasi flash 3D yang terkenal dan telah banyak digunakan orang, khususnya bagi yang baru mau belajar bikin animasi. Di bawah ini adalah penjelasan singkat dan sederhana mengenai langkah-langkah menjalankan software blender tersebut.

Cara Membuat Animasi 3D Flash Bergerak (3 Dimensi)
Bikin Animasi 3D - Blender
Sebelum mulai belajar tutorial cara membuat animasi 3d di bawah ini ada baiknya kalau kita tahu dulu apa itu blender dan apa pengertian animasi menurut Wikipedia dan yang lainnya. Animasi adalah suatu bentuk pengaturan beberapa gambar dengan menyusun waktu tampilannya sesuai alur gerak yang wajar yang diinginkan pembuatnya mulai dari gerakan awal hingga akhir. Sedangkan Blender sendiri adalah Blender adalah software atau perangkat lunak untuk desain grafis dalam bentuk 3 dimensi yang disediakan gratis oleh blender.org yang terkenal di kalangan desainer grafis. Software Blender dapat digunakan untuk bikin animasi 3D dalam berbagai bentuk yang beragam. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang beragam untuk membentuk berbagai karakter unik. Hebatnya lagi software animasi Blender dapat digunakan untuk berbagai sistem komputer, seperti Mac OS, Linux dan Microsot.

Cara MembuatAnimasi 3D Flash Bergerak    

1.  Hal yang paling pertama dilakukan adalah dengan membuka software Blender (v 2.49 recomended) tapi kalau belum punya aplikasinya silahkan download dulu di situs aslinya di www.blender.org atau bisa juga mengunjungi link download di bawah :

http://tinyurl.com/blender2
(ketik link di atas di browser mozilla/google chrome)


2.  Selanjutnya jika telah masuk dalam halaman pembuatannya, silahkan pilih Add  >  Mesh  >  Cube





3. Setelah itu tekan huruf  "I" di keyboard komputermu  guna memasukkan Key-nya
lalu pilih "Loc" (untuk Location)



4. Pindah jendela/window kemudian ganti nilai ‘key’ menjadi angka 10 seperti gambar di bawah ini


Cara Membuat Animasi blender 3d

5. Pindahkan gambar kubus tersebut dengan cara kliktanda panah atau boleh juga dengan menekan huruf  "G" di keyboard komputermu.

6. Selanjutnya tekan lagi kembali huruf "I" di keyboard komputer untuk menutup ‘key’ yang telah ditekan tadi.


7. Akhirnya beres juga pembuatan animasi 3d ini, untuk melihat hasilnya, ada baiknya mengembalikan angka key frame tadi menjadi ‘1’.



Bagaimana Cara Membuat Animasi 3D Flash Bergerak dengan Blender? Lumayan sederhana kan cara buatnya dibanding dengan software animasi lainnya. Perbanyak latihan saja membuat jenis gambar animasi lainnya agar nanti bisa semakin mahir. Saya rasa tanpa guru pasti bisa semua orang bisa berhasil yang penting mau banyak belajar tutorial dan praktek. Dan jika sudah pintar cara buat animasinya kamu bisa menawarkan kepada orang lain jasa belajar animasi atau kursus animasi gambar sekalian biar bisa buat tambah penghaislan, kan lumayan!

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Animasi Flash (di halaman ini)
  2. Cara Membuat Animasi di Blog (Tulisan, Kursor, Gambar Bergerak)
  3. Cara Membuat Animasi di Blog dengan Banner Flash Bergerak
  4. Cara Membuat Animasi di Blog Dengan Kursor Bergerak
  5. Cara Membuat Animasi Macromedia Flash 
  6. Cara Membuat Animasi 3D Bergerak (3 Dimensi)
  7. Cara Membuat Animasi Gambar Animasi
  8. Cara Membuat Animasi Photoshop
  9. Cara Membuat Game Flash
  10. Cara Membuat Blog Keren
  11. Cara Membuat Facebook Baru

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking