Cara Membuat Ice Cream Walls (Es Krim Walls-Magnum)

Cara Membuat Ice Cream Walls (Es Krim Walls-Magnum) sebenarnya tidaklah susah dan bahkan mudah sekali dibuat sendiri. Hanya saja ada beberapa rahasia pembuatannya yang harus kita ketahui untuk menghasilkan es krim yang mirip dengan merek terkenal ini dan bahkan juga bisa menyerupai merek lainnya seperti campina, conello, atau pun merek lainnya. Tapi, tentunya yang namanya produk pabrikan harus menggunakan ice cream maker atau mesin pembuat es krim dan stik es krim pada hasil akhirnya. Tapi tidak usah khawatir karena saat ini mesin tersebut banyak dijual dan tidak tidak telalu mahal, kisaran 400ribu-an ke atas.

Bisnis es krim saat ini memang sangat menggiurkan, apa lagi makanan satu ini pamornya tidak pernah surut dan bahkan makin banyak peminatnya. Bila anda ingin maka ada baiknya membuat es krim seperti Magnum atau Walls dan Campina. Soal cara dan rahasianya akan di jelaskan di bawah. Tapi soal pemasarannya hingga bisa masuk dalam pasar modern seperti swalayan, IndoMaret, AlfaMart dan sebagainya, caranya cukup dengan mengurus izin usaha di Dinas Kesehatan yang biayanya sekitar 300ribu, kemudian izin keabsahan usahanya seperti NPWP, TDP dan SIUP yang diurus bersamaan ke notaris yang biayanya semua sekitar 1,5 juta, dan terakhir buat barcode atau kode baloknya agar bisa masuk swalayan dengan membuatnya di dalam program CorelDraw (silahkan cari cara buat bar codenya di internet).
Ice Cream Walls -Es Krim Walls-Magnum
Ice Cream Walls (Es Krim Walls-Magnum)

Cara Membuat Ice Cream Walls (Es Krim Walls-Magnum)Rahasia pembuatan ini sebenarnya di ungkapkan sendiri oleh Stefanus Leonardus, Asisten Manager Walls Factory, di Cikarang kepada team wartawan Okezone.com. Wall’s sendiri selaku pemegang merek Magnum merupakan anak usaha dari Unilever.

Dibawah ini hanya akan dipaparkan rahasia pembuatan es krim Magnum-Wall’s, tapi mengenai proses buatnya sudah dijelaskan dan ditulis pada artikel sebelumnya, untuk itu sebelum mulai mengetahui rahasia dan tips pembuatannya, silahkan belajar dulu berbagai jenis es krim di bawah ini :
  1. Cara Membuat Ice Cream Goreng (Es Krim Goreng)
  2. Cara Membuat Ice Cream Sederhana (Es Krim Coklat)
  3. Cara Membuat Ice Cream Coklat (Es Krim Coklat)
  4. Cara Membuat Ice Cream Sendiri Tanpa Kursus
  5. Cara Membuat Ice Cream Vanilla (Es Krim Vanila)
  6. Cara Membuat Ice Cream Ubi Talas Sendiri
  7. Cara Membuat Ice Cream Walls-Magnum
  8. Cara Membuat Ice Cream Campina (Es Krim Campina)

Rahasia Walls-Magnum :
  1. Pemilihan bahan. Pihak walls sendiri telah menjelaskan bahwa dalam penggunaan bahannya selalu mengusahakan bahan-bahan alami, seperti buah, coklat dan gulanya. Karena rasa dari produk mereka ditentukan dari kealamian bahannya, sehingga itulah sebabnya harga Magnum cukup mahal, sekitar 10.000 per biji, dan bahkan di Makassar dijual 20.000 per bijinya.Dan bukan cuma Magnum, produk lainnya juga dibuat ditu emikian, seperti Vienetta, Cornetto, Feast dan Paddle Pop.
  2. Mixing atau pencampuran bahan. Menurut Stefanus Leonardus, Asisten Manager Walls, pertama kali yang harus dilakukan setelah menyediakan bahan adalah dengan pencampuran dan pemasakan bahan. Caranya, 1. Masak bahan Susu cair dan bahan perasa serta coklat bubuk yang telah dilarutkan. 2. Aduk telur dan gula  menggunakan mixer khusus. 3. Campur bahan poin 1 dan 2 lalu masak hingga kental sekitar 5 menit. 4. Masak cream kental lalu tambahkan dark cohocolate hinga leleh. 5. Terakhir, Campur semua adonan pada poin 3 dan 4 lalu masukkan dalan ice cream maker dan selesai sudah.  
  3. Pematian Bakteri dan Higienitas Walls-Magnum. Disela-sela pemasakan bahan di atas, ternyata pihak Walls juga melakukan proses pematian bakteri dengan penyetelan suhu 80 derajat pada mesin pemasaknya. Selain sebagai pengawetan juga sebagai cara memperoleh tekstur yang agak lembut, selain dengan cara mixing. Dan proses pengolahan bahannya hingga pengemasan juga tidak menggunakan tangan, melainkan dengan mesin untuk menghindari bakteri.
  4. Pembentukan es krim. Dalam mengolah produknya, walls sendiri melakukan beberapa tahap yang rumit, yaitu setelah semua proses mixing dan pemasakan dilakukan maka ada beberapa tahap lagi yang dilakukan dalam membentuk es krim. Pertama, membuat es cream lebih lembut dan bercita rasa khas dengan melakukan proses pengadukan adonan hingga 2 jam. Kedua, proses pengadukan kedua setelah dimasukkan dalam mixer hingga setengah beku, langkah ini dilakukan hingga 4 jam sampai pengadukan menghasilakan tekstur yang creamy.
  5. Penusukan ice cream magnum-walls. Rahasia lain yang diungkapkan oleh Asisten Manager Walls dalam proses ini adalah dimana hasil pengadukan es krim dimasukkan terlebih dahulu dalam ruang bersuhu minus lima derajat (-50) sebelum akhirnya diberi stik.
  6. Proses pelapisan. Dalam membuat produknya, walls umumnya membuatnya dengan berlapis-lapis. Hanya saja kali ini mereka tidak mengungkapkan rahasinya. Tapi dari mereka sendiri menyebutkan kalau produknya, yaitu Vinetta, dilakukan pelapisan hingga 12 lapis untuk menghasilakan rasa dan tekstur pas, sehingga prosesnya juga lebih rumit dan lebih lama sekitar 45 menit untuk satu kali pembuatan 600 biji es krim.
Bagaimana Cara Membuat Ice Cream Walls (Es Krim Walls-Magnum) di atas? Lengkap dan terpercaya kan? Tentunya, karena ini merupakan penuturan langsung dari manager yang bersangkutan yang kemudian diolah penyampaiannya dalam artikel ini. Semoga sukses selalu!

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Cake Brownies
  2. Cara Membuat Kue Kering Coklat DLL
  3. Cara Membuat Roti Goreng

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking