Cara Membuat Website Game Online Sendiri+

Cara Membuat Website Game Online Sendiri+ bukan tidak mungkin, dan bahkan dengan fasilitas gratis 100% pun bisa. Jaman sekarang, jamannya gratisan. Dan bahkan untuk mencari uang di internet bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Kali ini Cara Membuat Website Game Online Sendiri akan saya jelaskan secara rinci dan detail cara-caranya agar teman-teman mengerti bagaimana proses dan langkah-langkah dalam bikin blog atau web game tanpa biaya sama sekali.

buat Website Game Online Sendiri
Cara Membuat Website Game Online
Antara website dan game online adalah dua sistem yang saling berkaitan. Untuk itu sebelum kita mulai belajar tutorial cara membuat website game online di bawah ini ada baiknya kita tahu dulu defenisi atau apa pengertian dari website dan game online menurut Wikipedia. Website adalah sebuah situs yang tersimpan dalam hosting atau file penyimpanan data web yang berisi file berupada artikel, gambar atau pun video yang memungkinkan setiap orang dapat membukanya dimana pun dan kapan pun. Sedangkan game online adalah sebuah aplikasi permainan yang bisa dimainkan oleh siapa pun dan dimanapun ia berada dengan bantuan jaringan internet. Dalam game online para penggunanya bisa bermain secara bersamaan di tempat terpisah dalam permainan dan level yang sama.

Cara Membuat Website Game Online Sendiri+

Dalam membuat website game ada 2 langkah yang harus dilakukan agar game-nya dapat online dan dimainkan oleh banyak orang dalam waktu bersamaan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1.    Menyediakan gamenya.

Dalam menyediakan game yang akan dipasang di website kita, ada 3 cara yang bisa dilakukan, yaitu :

A.  Dengan cara profesional (bagi yang sudah paham bahasa pemrograman) bisa membuatnya secara offline di komputer sendiri dengan software Game Maker,  kebetulan sudah saya tulis pada artike sebelumnya di ‘Cara Membuat Game Komputer PC

B.  Dengan membuat gamenya secara online lewat fasilitas gratis di situs tertentu. Buat yang masih pemula bisa mengunjungi situs di bawah ini untuk langsung membuat gamenya :
  • http://tinyurl.com/wgame5 (bagi yang mau membuat game 2D dan game petualangan lainnya)
  • sploder.com (disini kamu bisa membuat game flash dengan beragam objek lalu disimpan di websitemu)
  • gamediscovery.com (website ini menyediakan faslitas pembuatan game yang sangat komplit, seperti pembuatan karakter game dan lain sebagainya)
  • visionaire2d.net (buat yang masih pemula yang tidak tahu sama sekali soal pemrograman dan mau membuat game petualangan 2D situs ini jagonya)
  • byond.com (Bikin game di situs ini sangat mudah karena sudah disediakan berbagai toolsnya dan juga dapat disharing ke teman2 untuk mengetahui pendapat mereka)
C.    Dengan mengambil langsung aplikasi gamenya di situs tertentu kemudian memasangnya langsung di website atau blogmu. Saya rasa inilah cara termudah tanpa harus kerja bisa tau cara membuat website game online dengan mudah. Untuk cara ini, silahkan kunjungi www.khemer.com atau http://tinyurl.com/addons7 Setelah mendapatkan kodenya tinggal ditempatkan di dalam wbsite atau blogmua. Baca panduan lengkapnya di bawah.

2. Memasang gamenya di website atau blog

Jika kita sudah tahu cara buat gamenya atau cara mendapatkan kode gamenya, maka langkah selanjutnya adalah tinggal cara membuat website gamenya dan cara menempatkannya dalam website atau blog milik kita. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Pertama, buat dulu websitemu. Saya sarankan tidak usah menggunakan hosting (penempatan file web) berbayar karena akan masalah kalau pengunjungnya ribuaan per hari karena akan disusupend jika melebihi bandwidth. Untuk itu saya sarankan gunakan saja Blogger atau Blogspot yang space hosting dan bandwidth-nya unlimited. Adapun soal domain (alamat webnya) kala tidak mau terlihat gratisan, nanti kan bisa diganti jadi dot com yang susuai pilihan kamu, misalnya gamemu.com dll. Kalau belum tau caranya minta saja bantuan jasa pembuat web dan toko online di www.tokoonline.inabuy.com Biaya bantuan buatnya cukup 75ribu sudah bisa jadi.

Cara Kedua, adalah dengan memasang kode atau script game yang telah kita buat atau ambil langsung dari website. Caranya :
  1. Login ke akun blogspot atau bloggermu, kemudian di bagian Dasboard sebelah kiri pilih menu ‘Layout’ atau ‘Tataletak’
  2. Selanjutnya di atas salah satu widget yang sudah jadi biasanya tertulis link kecil bertuliskan ‘Add Widget’ atau ‘Tambah Gadget’. Tinggal klik kemudian pilih pembuatan widget ‘HTML/Javascript’
  3. Paste code script game yang telah kamu copy sebelumnya dalam widget tersebut. Dan terkahir tinggal klik ‘save’ dan selesai sudah kamu membuat website game online sendiri tanpa pengetahuan pemrograman dan biaya hosting sama sekali.
Bagaimana cara membuat website game online sendiri dalam blog ini? Lengkap dan mudah dimengerti kan? Tapi bila mau membuat game yang tetap berbayar tak masalah, kamu bisa menyewa hostingnya dari Idwebhost.com atau RumahWeb.com lalu minta bantuan cara upload gamenya dalam websitemu sehingga kamu tak perlu repot belajar tutorialnya sendiri. Jadi intinya yang penting kita mau berusaha dan rajin mencari cara-caranya di internet pasti bisa. Jika senang dengan artikel ini, saya minta bantuannya agar link URL-nya di-sahare di akun Facebook dan Twittermu agar mudah dibaca banyak orang. 

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Game Flash + Tutorial Buatnya
  2. Cara Membuat Game Flash Online Ala Sploder!
  3. Cara Membuat Game Facebook (Game FB)
  4. Cara Membuat Website Game Online
  5. Cara Membuat Game PC
  6. Cara Membuat Game Sendiri (Software Game 3D / 2D)
  7. Cara Buat Blog WordPress Sendiri
  8. Cara Membuat Toko Online Dot Com cuma Rp. 75.000  
  9. Cara Membuat Blog Keren

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking