Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek!

Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek! yang saya tulis kali ini adalah yang terlengkap karena semua proses pembuatan akan saya terangkan dengan sejelas-jelasnya. Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek! maksudnya adalah cara pembuatannya bisa diterapkan untuk semua jenis motor yang meniru produk knalpot bermerek, seperti R9, CLD, AHRS, Yoshimura, Ninja dan lain sebagainya.

Sebelum menjelaskan satu persatu Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek! di bawah ini saya akan menyampaikan terlebih dahulu bahwa isi pembahasan ini mencakup rumus buat knalpot, persiapan sebelum buat/bikin knalpot, langkah-langkah pada saat pembuatan knalpot, dan cara-cara penyetelan dalam memasang knalpot yang telah dibuat. Tapi, bisa saja karena referensi tanbahan isi artikel ini berbeda dengan yang saya sebutkan tersebut karena membuat knalpot ada banyak ilmu yang dibutuhkan termasuk pengetahuan soal setelan mesin motor.

Rumus dalam Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek!

Cara Membuat Knalpot Motor ninja, r9, cldKode L adalah ( 850 x ET ) / MAX RPM – 3
Kode L adalah panjang pipa knalpot yang akan dibuat
Kode ET adalah Exhaust Timing , waktu klep buang mulai membuka sebelum TMB
MAX RPM adalah RPM yang diinginkan guna memperoleh puncak tenaga

Contohnya : Misalnya Mesin motor Ninjaku waktu/timing exhaust mulai terbuka di 80 drajat sebelum TMB , cara menghitungnya ialah :
L = (850 x 260)/10,000–3
L = 19.1 inches = 485 mm

Kemudian ditentukan pula lebar dari pipa knalpot yang anda butuhkan =
D = sqrt (CC/((L + 3)x25))x 2.1 (D merupakan diameter pada pipa knalpot yang diinginkan nantinya, CC ialah kapasitas silindernya, L ialah panjang knalpotmu)

Maka adapun diameter dari pipa knalpot untuk motor ninjaku ialah :
D = sqrt (171 / ((19.1 + 3)x 25)) x 2.1
D = 29 mm
sqrt = 0.317 = 0.563

Silahakn diamati secara seksama rumus dari Cara Membuat Knalpot Motor di atas. Semuanya hitungannya tergantung bagaimana keadaan motormu, Ninja atau bukan?

Proses dalam Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek!
  1. Terlebih dahulu lakukan pengukuran motor mulai dari sambungan pipa pada mesin kepala ke kaki pasak lalu selanjutnya ke belakang. Kemudian buat gambar sketsa yang akan dijadikan bentuk dasar knalpot motormu dengan mengacu pada pengukuran ini sebagai dasar panduannya.
  2. Membuat  bentuk template dalam ukuran penuh bagi sistem pembuangan motormu di papan poster, karton atau bisa juga di tripleks. Pakai alat penanda agar ukurannya pas. Usahakan tidak bekerja sendiri karena harus ada yang memegang template stabil, dan sebaiknya dibandingkan beberapa kali.
  3. Gambar harus dari beberapa sisi agar mudah dalam membuatnya karena bisa diamati dari berbagai sisi. Selanjutnya beli tabung pembuangan yang panjangnya disesuaikan dengan panjang pada desain. Sebaiknya pula menggunakan pita yang fleksibel untuk mengukurnya. Kalau perlu tambahkan ukuranya 1 kaki lebih panjang untuk persiapan.
  4. Beri tanda pada semua bagian tikungan dengan spidool. Lebihkan untuk 1/2 kaki lebih pada bagian pipa kepala knalpot agar tabung dapat masuk.
  5. Panaskan dan bengkokkan pipa pada setiap tanda tikungan sesuai dengan desainnya. Dalam membuat bengkokan pipa knapot ini harus cepat tapi juga akurat agar tidak mengulang pembuatannya.
  6. Setelah selesai membentuk lekukan anda tinggal memasangnya sesuai posisi knalpot.
Komponen Knalpot dalam Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek!

  1. Kepala silinder knalpot : adalah saluran awal pembuangan gas motor, kecuali pada mesin 2 tak, saluran pembuangan ditempatkan pada bagian bawah dinding silender.
  2. Exhaust manifold / exhaust header : adalah tempat yangmana pipa dari beberapa ruang bakar atau silinder bergabung.
  3. Catalytic converter : adalah berguna untuk menurunkan kadar gas yang beracun, seperti CO, HC dan juga NO
  4. Knalpot Motor : adalah pipa utama untuk menyalurkan gas dari hasil pembakaran motor.
  5. Muffler atau Peredam suara : Gunanya untuk mengurangi suara berisik dari knalpot motor. 
  6. Turbocharger adalah untuk menambah tenaga mesin motor yang bekerja dengan menggunakan sisa energi dengan cara memutar turbin agar udara yang akan dimasukkan di ruang bakar motor memiliki tekanan.
Video Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek!

Seperti pada artikel sebelumnya, kali in saya juga akan memberikan sumber video pembuatan knalponya lewat youtube. Tapi, silahkan di copy-paste sendiri alamat link-nya di mozilla atau firefoxmu.
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=FZ8CGGYamuE
(copy paste link di atas di firefox atau mozilla)

Demikian artikel cara bikin atau Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek! ini. semoga memberikan manfaat buat anda semua. Jangan lupa berkomentar hal yang belum jelas soal cara membuat knalpot yang benar.

Baca juga :
  1. Cara Membuat Knalpot Bersuara Halus  
  2. Cara Membuat Knalpot Racing R9
  3. Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek 
  4. Cara Membuat Knalpot Murah Bebas Ribut
Atau 
  1. Cara Membuat Donat Mengembang dan Empuk
  2. Cara Membuat Donat Berlubang Sempurna dan Rata
  3. Cara Membuat Donat Kentang dan Rahasianya
  4. Cara Membuat Donat J.Co Mirip Persis!
  5. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Terlengkap
  6. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Batako
  7. Cara Membuat Kolam Ikan Koi Sempurna 
  8. Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit
  9. Cara Membuat Buku Best Seller No. 1
  10. Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit? 
  11. Cara Membuat Blog Blogspot di Blogger Terlnegkap
  12. Cara Membuat Blog Jadi Menarik
  13. Cara Membuat Blog Ranking 1 Di Google
  14. 4 Cara Membuat Blogspot Jadi Dot Com. Ada 2 cara :
  1. Cara Membuat Settign Domain Dot Com Ke Blogspot
  2. Cara Membuat Setting Blogspot jadi Dot Com

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking